Penyakit Tiroid Pada Orang Tua

Ketika anda telah bertambah tua, gejala gangguan hormon tiroid menjadi tidak jelas. Mungkin tampak lebih ringan, mungkin juga kelihatannya lebih berat daripada penyakit tiroid pada orang muda. Tanda-tanda gangguan tiroid yang khas sering menjadi kabur bila timbul pada orang berusia lanjut. Seandainya ada penyakit lain pada orang tua yang bukan berasal dari kelenjar tiroid, bisa juga ikut mempengaruhi perjalanan penyakit tiroidnya, bahkan bisa mengubah hasil pemeriksaan hormon darah.

Kalau sudah berumur 60 tahun, kemungkinan Anda terkena hipotiroid menjadi 20%. Dibandingkan dengan kaum pria, wanita tua lebih banyak yang mengidap hipotiroid. Penampilan seseorang yang mengalami proses penuaan sebenarnya mirip dengan gambaran suatu hipotiroid, yaitu cermin dari penurunan metabolisme tubuh. Jadi, setiap dokter yang berhadapan dengan kasus hipotiroid pada usia lanjut perlu mempertimbangkan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Perubahan-perubahan lantaran tubuh yang memua membuat tanda-tanda hipotiroid menjadi tidak jelas terlihat
  2. Penyakit-penyakit yang ada pada orang tua bisa mengacaukan hasil pemeriksan darah untuk fungsi tiroid
  3. Pemberian obat hormon tiroid kadang bisa menimbulkan efek samping karena kondisi organ tubuh yang sudah tua.
  4. Orang tua yang sehat biasanya memiliki penurunan hormon, termasuk hormon tiroid.

Keluhan pengidap hipotiroid umumnya adalah rasa capek, tidak tahan dingin, pucat, tampak sembap atau bengkak, sering murung, depresi dan berat badan yang terus bertambah. Keadaan bisa berlanjut ke denyut jantung yang lambat dan lemah, tekanan darah turun dan jantung membengkak.

Karena keluhan hipotiroid pada orang tua tidak khas, penyakit ini sering terlewatkan. Hipotiroid yang berat bisa mengakibatkan bengkak dan gagal jantung. Jika banyak organ tubuh yang terkena, pasien bisa tidak sadar yang dinamakan koma miksedema. Komplikasi lainnya adalah sesak napas, nadi lemah, tekanan darah turun dan tubuh terasa dingin. Keadaan bisa sangat berat sehingga memerlukan perawatan intensif di ruang gawat darurat dan angka kematiannya bisa mencapai 40%.

Anda harus bersabar, karena pengobatan hipotiroid pada orang tua perlu dilakukan dengan perlahan-lahan. Biasanya dimulai dengan hormon levotiroksin dosis rendah, kemudian berangsur-angsur dinaikkan, sambil secara berkala dipantau kadar hormon TSH dari darahnya.

Gejala pada orang tua yang mengalami hipertiroid sedikit berbeda dengan pasien yang muda. Gejala-gejala seperti jantung berdebar-debar, berkeringat banyak, mata menonjol keluar atau tangan yang gemetar tidak terlalu banyak ditemukan. Akan tetapi, gangguan irama jantung jauh lebih banyak ditemukan pada hipertiroid orang tua.


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Tiroid and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *