Penyakit Tiroid Pada Anak

Dibandingkan dengan orang dewasa, penyakit tiroid pada anak sangat jarang. Sekalipun demikian, kelainan kelenjar tiroid yang timbul pada anak sangat penting untuk diketahui, karena bisa mengganggu pertumbuhan anak, bahkan merusak perkembangan otak.

Penyakit tiroid pada orang dewasa yang dibiarkan beberapa tahun tanpa pengobatan kadang masih bisa dipulihkan. Berbeda dengan orang dewasa, hipotiroid pada anak yang tidak segera diobati bisa menyebabkan cacat mental dan tubuh anak itu akan tumbuh kerdil. Sedangkan hipertiroid pada anak dapat memicu pertumbuhan dan metabolisme yang sangat cepat, bahkan pada bayi hipertiroid akan mengakibatkan kematian.

Dari 4000 bayi yang baru lahir, kemungkian ada saat yang terkena hipotiroid. Bayi perempuan dua kali lebih mudah terkena dibandingkan dengan bayi lelaki. Sekalipun kelihatannya jarang, gangguan ini harus cepat diketahui. Bayi yang kena hiportiroid bisa mengalami kerusakan susunan saraf pusat yang mungkin sudah terjadi sejak bayi itu berada dalam kandungan ibunya.

Penyebab hipotiroid pada anak ini bisa bermacam-macam. Bisa karena cacat ketika berada dalam kandungan ibunya, sehingga pertumbuhan kelenjar tiroidnya tidak sempurna, dan bisa juga lantaran si ibu hamil yang menderita hipotiroid. Di negara berkembang, masalah kekurangan yodium dapat berakibat hipotiroid pada anak. Ibu hamil yang mengkonsumsi obat anti-tiroid perlu memberi informasi ke dokter anaknya supaya bisa mempersiapkan kelahiran bayi dengan sebaik-baiknya terjadi gangguan pertumbuhan yang bisa berakibat cacat yang permanen.

Fungsi tiroid normal dibutuhkan untuk pertumbuhan fisik dan mental yang sehat. Kadang tiroid berukuran kecil atau ektopik atau terdapat masalah metabolik pada kelenjar yang menghambat produksi hormon tiroid.

Gejala yang ditemukan pada anak yang mengalami penyakit tiroid dengan hipertiroid

Gejala hipertiroid lebih jelas terlihat setelah bayi berumur 6-12 minggu. Anda akan menemukan beberapa kelainan pada bayi itu antara lain :

- Kelenjar gondo yang membesar

- Berat badan tidak bertambah meskipun sudah banyak minum susu

- Mata yang menonjol keluar

-  Denyut jantung menjadi cepat, bahkan tekanan darah menjadi tinggi

Umumnya penyakit tiroid pada anak dibawa dari seorang ibu yang mengidap penyakit Gavves dan akan melahirkan bayi yang hipertiroid. Sekalipun penyakit Gaves kebanyakn timbul pada usia muda, tetapi yang terjadi pada umur di bawah 15 tahun hanya 5%.

 

 


=====================================

>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Tiroid and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>